Senin, 07 Maret 2011

MINIMALIS

Rumah Minimalis

RUMAH minimalis adalah sebuah gaya arsitektur bangunan yang tengah menjadi tren di metropolitan. Desain rumah minimalis merupakan pilihan terhadap bentuk arsitektur sebagai akibat budaya dan perubahan gaya hidup masyarakat. Bukan sekadar latah atau ikut-ikutan tren. Rumah minimalis merupakan respon atas kebosanan dan kejenuhan masyarakat kita dengan bentukan arsitektur klasik dan mediteranian yg penuh dengan ornamen dan bentuk-bentuk yang tidak fungsional lainnya, serta detail-detail interior dan perabot yang cenderung ‘ramai’ dan membuat ruang terasa sesak dan sempit. 



Rumah Sehat
RUMAH SEHAT

 Rumah sehat merupakan salah satu sarana untuk mencapai derajat kesehatan yang optimum. Untuk memperoleh rumah yang sehat ditentukan oleh tersedianya sarana sanitasi perumahan dan konsep desain rumah yang baik. Sanitasi rumah adalah usaha kesehatan masyarakat yang menitikberatkan pada pengawasan terhadap struktur fisik dimana orang menggunakannya untuk tempat tinggal berlindung yang mempengaruhi derajat kesehatan manusia. Rumah juga merupakan salah satu bangunan tempat tinggal yang harus memenuhi kriteria kenyamanan, keamanan dan kesehatan guna mendukung penghuninya agar dapat bekerja dengan produktif.




Rumah minimalis modern by Andy Rahman
Gaya minimalis di Indonesia sebenarnya telah mengalami perkembangan yang cukup berbeda daripada yang telah dipahami secara internasional sebagai ‘minimalisme’. Gaya yang sesungguhnya pada minimalisme memiliki prinsip ‘less is more’ yang menggebu-gebu. Prinsip arsitektur modern minimalis sebenarnya mengikuti prinsip arsitektur ‘form follow function’ atau bentuk mengikuti fungsi. Karena itu bentuk-bentuk yang tidak perlu dihilangkan. Namun di Indonesia, kita mendapati ornamentasi atau hiasan-hiasan masih banyak digunakan, dan minimalisme telah menjadi sebuah gaya arsitektur yang berdiri sendiri, kadang-kadang ‘gaya minimalis’ dianggap sebagai istilah pengganti untuk ‘gaya arsitektur modern’. Hal ini bisa dipahami, karena kebudayaan Indonesia yang sarat dengan ornamentasi atau hiasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar